PROPOSAL
PERPANJANGAN IZIN OPERASIONAL LEMBAGA PENDIDIKAN DAN
KETRAMPILAN SENI MUSIK
DOREMI HOME MUSIC COURSE
Jl. BOUGENVILLE RAYA NO. 27
PERUM PESONA BOUGENVILLE
PONOROGO
PONOROGO
2017
Nomor : B. 001/PH/IZIN
OPPERASIONAL/DOREMI-HMC/II/2017
Lampiran : 1 (satu) berkas
Perihal : Permohonan Perpanjangan Ijin Operasional
Kepada
Yth
Kepala UPT DINAS PENDIDIKAN Kabupaten Ponorogo
di- Ponorogo
Dengan
Hormat,
Yang
bertanda tangan di bawah ini, kami Ketua dari:
Nama Lembaga :
DOREMI HOME MUSIC COURSE
Alamat :
Perum Pesona Bougenville Raya No. 27 Perumahan Pesona Bougenville Ponorogo
Akta Notaris :
Setya Budi, SH
No/ Tanggal / Di : 16/12-5-2016/ Ponorogo
Dengan ini kami mengajukan permohonan ijin
operasional Lembaga kami, Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini kami
lampirkan :
1. Surat pengantar dari UPT Kecamatan Ponorogo
2. Foto Copy akte Notaris Pendirian
Lembaga.
3. Foto Copy KTP dan Ijazah Pimpinan
4. Daftar pengajar/NST dan ijazah
5. Surat keterangan dari
kepala desa
6. Daftar Modul/Kurikulum
7. Daftar Sarana dan prasarana
8. Pata Lokasi
9. Status gedung
10. Struktrur Organisasi Lembaga
11. Foto Copy NPWP
12. Tata tertib
13. Foto – foto Kegiatan
14. Gambar
situasi dan denah gedung
15. Daftar peserta didik
Demikian surat permohonan ini kami
ajukan dengan harapan untuk dapat dikabulkan, dan untuk itu kami sampaikan
terimakasih.
Ponorogo, 28 Februari 2017
Ketua
Lembaga Penyelenggara
Puji
Ariyanti, S.Pd.
A. PENDAHULUAN
Pembangunan nasional dalam bidang pendidikan
merupakan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia
Indonesia yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia serta menguasai ilmu
pengetahuan tehnologi dan seni. Menurut UUD ’45 Pasal 28c ; Setiap orang berhak mengembangkan diri
melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapatkan pendidikan dan
memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi
meningkatkan kualitas hidupnya demi kesejahteraan umat manusia.
Berbicara tentang seni maka terlebih dahulu
kita bicarakan adalah keindahan. “Sesungguhnya Allah Maha Indah, dan menyukai
keindahan. Sedangkan sombong adalah sikap menolak kebenaran dan meremahkan
orang lain.” (HR.Muslim). Dalam Islam mengenal seni Kaligrafi yaitu menulis indah huruf
yang terdapat dalam AlQur’an. Maka
manusia menyukai kesenian sebagai representasi dan fitrahnya mencintai
keindahan, dan tidak bisa dipisahkan lagi antara kesenian dan kehidupan
manusia. Terutama dalam proses perkembangan anak, seni seringkali di manfaatkan
untuk menarik perhatian anak-anak dalam belajar.
Setiap anak mempunyai rasa ingin tahu dan
keingintahuan inilah yang menjadi benih dari kreativitas. Berkesenian menawarkan kesempatan yang menarik
kepada anak sebagai media untuk menyalurkan rasa ingin tahu itu menjadi
kreativitas. Hal ini akan memupuk cara berpikir yang independen yang akan
terbawa sampai ke aspek lain di dalam kurikulum pendidikan sang anak dan bisa
diaplikasikan ke berbagai subjek yang lain di luar seni. Bukanlah suatu
kebetulan bahwa anak yang mempelajari seni musik mencapai nilai rata-rata yang
lebih tinggi di semua subjek sekolah dan berkembang secara lebih cepat
dibandingkan anak yang tidak mempelajari seni musik. Korelasi antara pelajaran
seni musik dengan membaca, mengeja dan kemampuan yang lainnya menggaris bawahi
seni musik sebagai faktor penentu kesuksesan pendidikan anak.
Tidak hanya seni musik melulu, segala cabang
seni mengajarkan kepada kita sebuah keindahan saling menghargai dan
membutuhkan. Kesenian itu timbul karena manusia selalu ingin mencapai
keindahan. Karena keindahan selalu mendatangkan kebahagiaan.
Berdasar hal
tersebut di atas LKP DOREMI HOME MUSIC COURSE memberikan pelayanan pendidikan
berbasis ketrampilan Seni Musik, baik menjadi player, teacher, arranger,
komposer maupun musicpreaneur.
B. IDENTITAS LEMBAGA PENDIDIKAN DAN KURSUS
Nama : Doremi Home Music Course
Akte Notaris : Setya
Budhi. SH, No: 16
Alamat
: Jl. Bougenville Raya No. 27 Perum Pesona
Bougenville Ponorogo. HP 08125930455
Pimpinan :
PUJI ARIYANTI. S.Pd.
No Telepon : 08125930455
NPWP Pimpinan : 76.481.498.7-647
Kab/Kota :
Ponorogo
Provinsi : Jawa Timur
E-mail : put3violin@gmail.com
Tahun berdiri : 12 Desember 2013
Status tanah dan banguna : Milik sendiri
NPWP Lembaga :
76.494.688.5-647.000
Program khursus :
Ketrampilan Kesenian Seni Musik
Visi Lembaga : Menjadikan lembaga
pendidikan musik yang mengutamakan penanaman karakter, sopan santun, nilai-nilai
moral dan agama yang dikelola secara profesional dengan disiplin dan kejujuran.
Misi Lembaga : Mendidik menjadi
Profesional Teacher, Profesional Player, Arranger, Composer dan Music Preneur.
Ponorogo, 28
Februari 2017
Ketua
Lembaga Penyelenggara
Puji
Ariyanti, S.Pd.
C.
DAFTAR TENAGA PENDIDIK DAN KUALIFIKASINYA
DOREMI HOME MUSIC COURSE PONOROGO
Tahun 2016/2017
No
|
Nama
|
Tempat
dan tanggal lahir
|
Pendidikan
& tahun lulus
|
Jurusan
|
Mendidik di
lembaga
|
Instrument
|
1
|
Puji Ariyanti, S.Pd
|
Ponorogo, 04-03-1983
|
S1
|
Seni Drama Tari dan Musik
|
12 Desember 2013
|
Biola, Piano, Vocal
|
2
|
Rusdyanto, D.H
|
Surabaya
7-04-1981
|
D3
|
Desain Grafis
|
12 Desember 2013
|
Drum
|
3
|
Rocmat Aldy Purnomo, SE, M.Si
|
Banyumas, 27
Maret 1993
|
S2
|
Ekonomi
|
1 Agustus 2016
|
Gitar, Bass
|
4
|
Adi Rahman Alfiansyah
|
Sumenep, 17 Mei
1997
|
SMK
|
Animasi
|
1 Oktober 2016
|
Tenaga administrasi
|
Ponorogo, 28 Februari 2017
Ketua
Lembaga Penyelenggara
Puji
Ariyanti, S.Pd.
D.
DAFTAR PESERTA DIDIK REGULER
DOREMI HOME MUSIC COURSE PONOROGO
Tahun 2016/2017
No
|
Nama
|
Ttl
|
Nama Orang Tua
|
Alamat
|
1
|
Safira Inquiri P.F.
|
Ponorogo, 22/12/2008
|
Septa Krisdianto
|
Gupolo Ponorogo
|
2
|
Al maasah Berliana Rulaa.
|
Ponorogo, 13/07/ 2008
|
Agus Basuki Rahmat .S.T.
|
Jl. Gringsing No .01 Cokromenggalan.
|
3
|
Kirana Almira Sahiro
|
Ponorogo,04/01/2009
|
Mukhlis Widanarko
|
Jl. Kyai Mojo 38. Ponorogo
|
4
|
Naura Mutiara Az-zahra
|
Ponorogo , 30/ 11/ 2006
|
Muklis Widanarko
|
Jl.Kyai Mojo 38 Ponorogo.
|
5
|
Regina Zayida
Zahra
|
Ponorogo, 06/12/2004
|
Makrus Zubaidi
|
Jl. Tunggal Asri.
|
6
|
Shofia Bilqis Azalfa
|
Ponorogo ,03/ 03/2009
|
Ilhammid Hartono
|
Jl. Karang Sari, Golan , Sukorejo , Ponorogo.
|
7
|
Zahir Yan Bimasakti
|
Ponorogo,15/12/2015
|
Moh. Fahrudin
|
Jl. Urip Sumoharjo 83 Ponorogo.
|
8
|
Nadya Fanya Razani
|
Ponorogo, 27/08/2006
|
Irvan Budianto
|
JL.Gringsing no. 09
|
9
|
Moh. Rizky YusiAlfaro
|
Ponorogo, 20 /09/2005
|
Wahyu Legowo
|
Jl.Singajaya no. 100 Singosaren.
|
10
|
Nadin Cintania Mayrah
|
Ponorogo,11/06/2007
|
Melda Mahzi
|
Jl. Pr. Cipto Mangun Kusumo.
|
11
|
Angelique Joy V. santoso
|
Ponorogo,19/10/2004
|
Crstian Santoso Widjojo
|
Jl. Sekar Taman53 Tonatan Ponorogo
|
12
|
Syahida Nawal Hana
|
Pacitan, 29/9/2008
|
M. Syuhada Syubir
|
Jl Merapi No. 8 c Ponorogo
|
13
|
Khasan Nadhila Andra.
|
Ponorogo ,24/08/2006
|
Sri Angara Bhudi Santosa
|
Jl. Sentot Prawirodirjo No 12 Ponorogo
|
14
|
Syafira amira Ratnamaya
|
Ponorogo ,17/11/2008
|
Anggara
|
-
|
15
|
Riyanda Winna safitri
|
Samarinda, 30 /11/2006
|
Hari Basuri
|
Jl. Khahmad Dahlan No 412
|
16
|
Celesta Weka Naza F .
|
Ponorogo,22/04/2006
|
Zaenal Fachori
|
Jl. Raden Patah Kadipaten.
|
17
|
M. Iqbal Saddad
|
Ponorogo,14/10/2005
|
Amin mubarok
|
Perum Griya Harmoni c. 10 Jl. Tribusono Cokromenggalan
|
18
|
Ahmad Rifqi Wicaksono
|
Ponorogo,28/01/2010
|
Amin Mubarok
|
Perum Griya Harmoni c. 10. Jl. Tribusuno Cokromenggalan
|
19
|
Azalea Bilqis
|
Jkt. 23 /11/2008
|
Nur El Fathi
|
Jl. Jenar 23 Purbosuman
|
20
|
Alisha Sofia
|
Jkt.02/10/2004
|
Nur El Fathi
|
Jl. Jenar 23
Purbosuman
|
21
|
Sabrina Asha
Aulia Rahma
|
Ponorogo,24/12/2006
|
Annisa Kusumsa
|
Jl. Singajaya no. 31A Singosaren Ponorogo
|
22
|
Rahmadila Zalfa Arvlin
|
Ponorogo ,01/06/2006
|
Suryadi
|
|
23
|
Aulia Savira Firdaus
|
Ponorogo,21/03/2004
|
Hadi Suprapto
|
JL.Wonopringgo no.10 Kec. Babatan . Ponorogo
|
24
|
Azzahra Raisya Oktavia
|
Ponorogo ,17/10/2009
|
Hadi Suprapto
|
JL. Wonopringgo
|
25
|
Naira Dahayu Gaoqi
|
Ponorogo, 14/6/2008
|
Iwan Nurcahyo
|
Perum Bukit Asri 3/25-27 Ronowijayan Ponorogo.
|
26
|
Widyana Putri Arum Kasturi
|
Madiun 27/04/2008
|
Puguh Widoyoko
|
Jl Raya Ponorogo-Madiun No. 9 Ponorogo
|
27
|
Banyubiru Arya Sabrang
|
Ponorogo, 4/01/2006
|
Kosiyar
|
Jl. Kyai Sholikin No.21 Paju Ponorogo
|
28
|
Bisma Mangkuluhur P.M
|
Ponorogo, 20/03/2007
|
Toni Kristiawan
|
Carat Kauman Ponorogo
|
29
|
Nazma Shafiya Nariswari
|
Ponorogo, 2/01/2009
|
Ahmad Syamsul Bahri
|
JL. Keramat No. 3 Ngunut Ponorogo
|
30
|
Aira Khadeeja
|
Ponorogo, 30/04/2007
|
Sigid Argo W.
|
Jl. Siberut Ponorogo
|
31
|
Davina Aulia Ramadhani A.
|
Ponorogo, 10/06/2007
|
Juli Pratikno
|
Jl. Ki ageng Selo no. 49 Ponorogo
|
32
|
Raea Agel Navalen
|
Madiun, 09/09/2006
|
Sony syaifullah
|
Ds. Sukosari Babadan Ponorogo
|
33
|
Monica Ardila C. P
|
Ponorogo, 10/06/2006
|
Ardia Yusuf Irawan
|
Jl Raya Solo Plosojenar Sumoroto Ponorogo
|
34
|
Andini Rafa Kamila
|
Ponorogo, 22.08/2006
|
Andik Nuryanto
|
Mlilir, Dlopo Madiun
|
35
|
Marwa El Afia
|
Ponorogo, 17/03/2010
|
Nur Anas
|
Jl. Sukowati Gg. 3 Keniten Ponorogo
|
36
|
Putri Alyaa Afifah
|
Ponorogo, 31/12/2004
|
Mahrosin
|
Jl.Sidorejo 97 Babadan Ponorogo
|
37
|
Aisyah Hasna Habibah
|
Batam, 18/02/2007
|
Nunung Sulistiantoko
|
Jl. Zaenal Arifin Kauman Ponorogo
|
38
|
Syakayla Adzkiya El Queena Harfianto
|
Tuban,19/10/2010
|
Hariyanto
Afrilia Eka P.
|
Jl.Singajaya Singosaren jenangan ponorogo
|
39
|
Aisyah Hasna H.
|
Batam,18/02/2007
|
Nunung S.
Rustiani
|
Jl.Zaenal Arifin 47 Kauman
Ponorogo
|
40
|
Putri Alya Hafifah
|
Ponorogo,31/12/2004
|
Mahrosin
Efa Hudayanti
|
Jl.Sidorejo 97 Babadan ponorogo
|
41
|
Marwa El Afia
|
Ponorogo,17/03/2010
|
Nur Anas
Shofa Saida H.
|
Jl.S.Sukowati Gng.111 keninten Ponorogo
|
42
|
Wahyu Rizal K.S
|
Ponorogo,04/10/2003
|
Kamro
Tien Badrijah P.
|
Jl.Kyai mojo No.79 Ponorogo
|
43
|
Adini Rafa Kamila
|
Ponorogo,22/08/2006
|
Andik Naryanto
Hanik Masa’adah
|
Jl.Mlilir,Delopo Madiun
|
44
|
Raea Agel Nevalen
|
Madiun 09/09/2006
|
Sony Syaifulloh
Dian Sulistyowati
|
Jl.Sukosari Babadan
|
45
|
Davina Aulia R.A
|
Ponorogo,10/06/2007
|
Juli Pratikno
Anjar Astuti
|
Jl.Ki Ageng Selo no.49
|
46
|
Aira Khadeeja
|
Ponorogo,30/04/2007
|
SigiD Argo W.
Emma
|
Jl.Siberot
|
47
|
Nazma Shafiya N.
|
Ponorogo,02/02/2009
|
Ahmad Samsyul B
Murti Sumeni
|
Jl.Keramat 3 Ngunut
|
48
|
Naira Dahayu Gaoqi
|
Ponorogo,14/06/2008
|
Iwan Nurcahyo
Ratih Hermawanti
|
Jl.Perum Bukit Asri blok 3 Ronowijayan Ponorogo
|
49
|
Bhisma M.P.M
|
Ponorogo,20/03/2007
|
Toni Karisiawan
Leila Maurita .I
|
JL.Ds.Carat kec.Kauman Ponorogo
|
50
|
Widyana Putri Arum K.
|
Madiun,27/03/2008
|
Puguh Widyoko
Pipit Agustina
|
Jl.Raya Ponorogo-Madiun no.9
|
51
|
Celesta Weka N.F
|
Ponorogo,22/04/2006
|
Zaenal Fachori
Ernaning Fitayani
|
Jl.Raden Patah Kadipaten
|
52
|
Safiya Amirathamaya
|
Ponorogo,17/09/2008
|
Anggara
Aning
|
Jl.Sentot Prawiroderjo
|
53
|
Nisrina Nasyawa F.
|
Madiun,07/05/2008
|
Makrus Fahridi
Rekayasari S.
|
Jl.Pramuka no.114 Ronowijayan
|
54
|
Afrian Ahmad Z.
|
Ponorogo,11/04/2005
|
Sukirno
Sri Lestari
|
Jl.Singo Lemboro
|
55
|
Alfareza Indra P.
|
Ponorogo,21/01/2005
|
Indra
Tiana
|
Jl.Ngebel Ponorogo
|
56
|
Rani Nurhayati
|
Ponorogo,11/01/2004
|
Edi Wiyono
Rista W.
|
Jl.Jalen Balong Ponorogo
|
57
|
Jellyn Calista
|
Ponorogo,15/05/2006
|
Miswanto
Yayuk
|
Jl.Ds Baosan Loor Rt.2 RW.2
|
58
|
Masya Nayla S.N.Q
|
Madiun,13/05/2008
|
Muad
Puji
|
|
59
|
Filzah Irmadiani N.
|
Ponorogo,30/12/2006
|
Cidion
|
Jl.Bangka
|
60
|
Safira Yustiti I.
|
Ponorogo,31/07/2008
|
Andri Wahyu P
Rika Dewi A.
|
JL.Natuna no.1 Mangkujayan
|
61
|
Javier Jatra Sastra S.
|
Ponorogo,21/04/2006
|
Janji Kusmono
Citra Dwi Susanti
|
Jl.Bangka no.16 F
|
62
|
Teta Daffa
|
Ponorogo,11/01/2006
|
Teguh S
Puji Lestari
|
Jl.Ds.slahung Ponorogo
|
Ponorogo, 28 Februari 2017
Ketua
Lembaga Penyelenggara
Puji
Ariyanti, S.Pd.
E. KONDISI DAN SARANA
PENDIDIKAN
DOREMI HOME MUSIC COURSE PONOROGO
2016/2017
No
|
Jenis
Barang
|
Jumlah
Berdasar Status
|
Jumlah
dalam Kondisi
|
|||
Milik
sendiri
|
Pinjam
|
Sewa
|
Baik
|
Rusak
|
||
1.
|
Kursi belajar
|
8
|
-
|
-
|
v
|
-
|
2.
|
Meja kantor
|
2
|
-
|
-
|
v
|
-
|
3.
|
Meja kursi tamu
|
2
|
-
|
-
|
v
|
-
|
4.
|
Almari
|
1
|
-
|
-
|
v
|
-
|
5.
|
Rak buku
|
1
|
-
|
-
|
v
|
-
|
6.
|
Biola
|
4
|
-
|
-
|
v
|
-
|
7.
|
Piano
|
2
|
-
|
-
|
-
|
v
|
8.
|
Drum
|
1
|
-
|
-
|
v
|
-
|
9.
|
Gitar accoustik
|
2
|
-
|
-
|
v
|
-
|
10.
|
Gitar listrik
|
1
|
-
|
-
|
v
|
-
|
11.
|
Bass
|
1
|
-
|
-
|
v
|
-
|
12.
|
Mixer
|
1
|
-
|
-
|
v
|
-
|
13.
|
Sound system
|
2
|
-
|
-
|
v
|
-
|
14.
|
Microphone
|
1
|
-
|
-
|
-
|
v
|
15.
|
Stand book
|
2
|
-
|
-
|
-
|
v
|
16.
|
Stand mic
|
1
|
-
|
-
|
v
|
-
|
17.
|
Labtob
|
1
|
-
|
-
|
V
|
-
|
18.
|
Printer
|
1
|
-
|
-
|
V
|
-
|
Ponorogo, 28 Februari 2017
Ketua
Lembaga Penyelenggara
Puji
Ariyanti, S.Pd.
F.
TATA TERTIB SISWA
1. Waktu
kursus adalah setiap minggu sebulan 4 kali
2. Bila dalam
sebulan ada 5 (lima) minggu yang bukan hari libur,maka mingg ke lima tersebut
libur.
3. Pada hari
Libur Nasional, seluruh kegiatan juga libur dan diganti diminggu ke 5 (les
musik tetap 4 kali).
4. Jika murid
berhalangan hadir , 1 hari sebelumnya murid wajib memberitahukan.
5. Jika murid
berhalangan hadir tanpa pemberitahuan, maka guru tidak berkewajiban mengganti.,
6. Semua
aktivitas guru harus lewat administrasi, perijinan pergantian jadwal, program
dan aktivitas lainnya apabila melanggar akan mendapatkan teguran 1-3 atau
dianggap guru mengundurkan diri.
7. Guru wajib
datang 5 menit sebelumnya apabila melanggar guru mendapatkan teguran 1-3 atau
dianggap mengundurkan diri.
8. Jika murid
ijin cuti, akan dikenakan uang charge 15 % dari uang kursus (cuti maksimal 3
bulan).
9. Guru wajib
mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Doremi Home Music Chourse serta program
yang sedang berjalan. Jika tidak ikut akan mendapatkan teguran1-3 atau dianggap
mengundurkan diri.
10. Pembayaran
uang kursus paling lambat tanggal 15 tiap bulannya.
11. Pada waktu
mengajar guru dilarang membawa teman/pacar serta membawa makanan selain itu
juga dilarang mainan gadget ( kecuali diperlukan untuk media pembelajaran ) .
12. Orang tua
murid dilarang masuk dikelas kecuali untuk anak dibawah 5 tahun.
13. Seiring
dengan perkembangan sekolah musik. Kemungkinan akan ada tata tertib baru yang
perlu ditambahkan kepada murid/wali secara tertulis.
Demikian peraturan dan tata tertib ini dibuat untuk
kebaikan dan kepentingan bersama serta untuk memperlancar proses belajar
mengajar. Terima Kasih.
Ponorogo, 28 Februari 2017
Ketua
Lembaga Penyelenggara
Puji
Ariyanti, S.Pd.
G.
PETA LOKASI
DOREMI HOME MUSIC COURSE
PONOROGO
Ponorogo, 28 Februari 2017
Ketua
Lembaga Penyelenggara
Puji
Ariyanti, S.Pd.
H.
FOTO
KEGIATAN
Ponorogo, 28 Februari 2017
Ketua
Lembaga Penyelenggara
Puji
Ariyanti, S.Pd.
FOTO PEMBELAJARAN
I.
KURIKULUM
Level I:
Pemain Ensemble Pop
1. Kompetensi Umum
No
|
Kode Unit
|
Standar Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
1.
|
MSK.PM01.002.01
|
Membaca not balok dengan lancar
|
45
|
2.
|
MSK.PM01.003.01
|
Memainkan satu
instrumen pilihan utama (mayor)
dengan terampil dalam konteks musik pop
|
45
|
3.
|
MSK.PM01.004.01
|
Melakukan
komunikasi bahasa Inggris dalam konteks
bermusik, baik
secara lisan maupun tertulis terutama
penguasaan terminologi musik
|
90
|
4.
|
MSK.PM01.005.01
|
Melakukan
kerjasama dalam kelompok musik
(teamwork) dengan baik
|
90
|
2. Kompetensi Inti
No
|
Kode Unit
|
Standar Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
1.
|
MSK.PM02.001.01
|
Menerangkan
pengetahuan dasar tentang musik pop
|
45
|
2.
|
MSK.PM02.002.01
|
Mempelajari pengetahuan dasar teori musik pop
|
45
|
3.
|
MSK.PM02.003.01
|
Mempelajari
pengetahuan dasar tentang sejarah
instrumen musik elektrik dan sejarah musik pop
|
45
|
4.
|
MSK.PM02.004.01
|
Mempelajari
pengetahuan tentang beberapa
produk alat musik elektronik dan akustik
|
45
|
5.
|
MSK.PM02.005.01
|
Mempelajari
pengetahuan dasar form lagu
sederhana
|
45
|
3.
Kompetensi Khusus
No
|
Kode Unit
|
Standar
Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
1.
|
MSK.PM03.001.01
|
Mengoperasikan komputer
|
60
|
2.
|
MSK.PM03.002.01
|
Memainkan satu instrumen musik lain (minor)
tingkat
pemula
|
30
|
Ponorogo, 28 Februari 2017
Ketua
Lembaga Penyelenggara
Puji
Ariyanti, S.Pd.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Level : I
Jabatan : Pemain
Ensemble Pop
1. Kode Unit : MSK.PM01.002.01
2. Standar
Kompetensi : Membaca not balok
dengan lancar
3. Waktu : 20 jam @ 45
menit
4. Deskripsi Unit : Unit kompetensi ini
berhubungan dengan pengetahuan,
keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk membaca not balok.
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
POKOK
|
1. Mengenal
urutan nadanada
dengan baik dan
benar
|
1.1
Mengidentifikasi urutan
nada dengan baik dan
benar dalam satu oktaf
1.2 Mempraktekkan
urutan
nada-nada dengan baik
dan benar
|
· Susunan/urutan
nada di dalam satu oktaf
· Sistem 11 garis
(11-Line
System: treble clef, bass clef
dan middle c)
|
2. Menguasai cara
membaca not balok
|
2.1 Membaca not
balok
dengan lancar dalam
range 3 oktaf
2.2 Membaca tanda artikulasi
dengan lancar (contoh:
staccato, legato)
2.3 Membaca tanda
dinamika
dengan lancar (contoh:
piano, forte, cresc.)
2.4 Membaca tanda
tempo
dengan lancar (contoh:
allegro, moderato)
2.5 Membaca tanda birama
(time signature) dengan
lancar
2.6 Membaca
ritmik dasar
sederhana dengan tepat
2.7 Membaca not
balok
dalam kunci yang
berbeda dengan lancar,
terutama untuk kunci G
(treble clef) dan kunci F
(bass clef)
2.8 Membaca
tangga nada /
key signature dengan
akurat (contoh: key
signature dengan 1# = G
Mayor)
2.9 Membaca akor,
baik
trinada (triads) maupun
7th-chords (akor yang
terdiri dari empat nada)
|
· Jenis-jenis
tangga nada/key
signature (mayor dan minor
– circle of fifth)
· Penulisan not
balok dalam
range 3 oktaf pada kunci G
(treble clef) dan kunci F (bass
clef)
· Simbol artikulasi
dan figure
ritmik sederhana (♩♪♬)
· Klasifikasi tanda
birama (time
signature) sederhana
regular time signature:
simple time (2/4, 3/4, 4/4)
· Terminologi dan
istilah musik
dalam bahasa asing (Inggris,
Itali, Latin)
· Klasifikasi interval
dasar
Klasifikasi akor dan penulisan
simbol akor
trinada (triads): mayor,
minor,augmented,diminished
dan 7th-chords: major 7th,
minor 7th, half diminished,
diminished 7th dan dominant
7th
|
3. Memainkan instrumen
musik sambil membaca
not balok dalam bermain
ensemble Pop dasar
|
3.1 Menganalisa
not balok,
tanda artikulasi, tempo,
ritmik, dinamika, tangga
nada/key signature,
tanda birama/time
signature dan kunci
3.2
Mengkombinasikan permainan
alat
musik dan
membaca
notasi balok
dalam
waktu yang
bersamaan
3.3 Memainkan
instrumen
musik dengan not balok,
tanda artikulasi, tempo,
ritmik, dinamika, tangga
nada/key signature, tanda
birama/time signature
dan kunci yang benar
3.4 Memainkan instrumen
musik sesuai dengan
interpretasi Musik pop
dalam permainan ensemble
Pop
|
Analisa elemen -
elemen
musik pada notasi
balok
Contoh: not
balok, tanda
artikulasi,
tempo, ritmik,
dinamika, tangga
nada/key
signature dan
kunci.
· Demonstrasi
analisa notasi
balok lewat permainan
instrumen musik (sight
reading)
· Orientasi tubuh
dan otot
motorik halus ke instrumen
musik
· Koordinasi antara
kemampuan
visual, ear
training
dengan tangan
kanan dan
tangan kiri
· Interpretasi
Musik pop dalam
permainan ensemble
Pop
· Interpretasi
Musik pop dalam
permainan ensemble Pop
|
Level : I
Jabatan : Pemain
Ensemble Pop
1. Kode Unit : MSK.PM01.003.01
2. Standar
Kompetensi : Memainkan satu
instrument pilihan utama (mayor) dengan
tingkat terampil dalam
konteks musik pop
3. Waktu : 40 jam @ 45
menit
4. Deskripsi Unit : Unit kompetensi ini
berhubungan dengan pengetahuan,
keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk memainkan satu instrumen pilihan utama
(mayor) dengan tingkat terampil dalam konteks Musik pop.
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
POKOK
|
4. Menjelaskan teori dasar musik untuk
memainkan instrumen musik pilihan utama (mayor)
|
4.1 Menerapkan
teori dasar
musik secara
benar
didalam memainkan
satu
instrumen musik
pilihan
4.2 Menerapkan
relasi antara
tangga nada dan akor
diatonik dengan benar
sesuai gaya musik
pop
|
· Staff/Stave
system
· Tata letak dan
penulisan
not balok, kunci, tangga
nada (key signature), tanda
birama (time signature)
· Definisi, jenis
dan sistem
penyusunan interval
· Definisi, jenis
dan sistem
penyusunan akor trinada
(triads) dan 7th-chords
· Sistem penyusunan
tangga
nada/key signature (mayor
dan minor – circle of fifth)
· Fungsi harmoni
dasar,
seperti: Tonika, Sub
Dominant dan Dominant
· Progresi akor diatonik
sederhana dalam
musik
pop
|
5. memainkan instrumen pilihan utama (Mayor) dengan
benar
|
|
· Posisi tubuh,
tangan dan
jari yang ideal dalam
bermain musikPenulisan not balok dalam bermain musik
· Studi gerakan
dasar
(elementary movements) sebagai syarat dalam menghasilkan bunyi dan nada
· Kualitas nada
(tone) yang tinggi
|
6. Memainkan satu instrumen musik pilihan utama (mayor) dengan tingkat terampil
|
6.1 Memainkan
instrumen
musik pilihan
dengan cara
yang benar
6.2 Memainkan
instrumen
musik pilihan sesuai gaya
Musik pop
|
· Koordinasi antara
tangan
kanan, tangan
kiri dan kaki,
terutama untuk
gerakan
yang
independen/berlawanan
· Pengekspresian
dinamik
dasar/elementar
(phrasing,
motif,artikulasi
dan
karakter nada
yang sesuai
dengan musik pop)
· Teknik permainan
tangga
nada di semua
kunci, baik
mayor maupun
minor dan
baik dengan satu
tangan
maupun dua tangan
· Teknik double
grip untuk
interval, akor,
arpeggio
(broken chord) dan kadens
· Teknik permainan
“melody
and/with accompaniment”
·
Tempo yang stabil
·
Ritmik tepat
|
Level : I
Jabatan : Pemain Ensemble Pop
1. Kode Unit : MSK.PM01.004.01
2. Standar
Kompetensi : Melakukan
komunikasi bahasa Inggris dalam konteks
bermusik, baik secara lisan maupun tertulis terutama penguasaan terminologi musik
3. Waktu : 20 jam @ 90
menit
4. Deskripsi Unit : Unit kompetensi ini
berhubungan dengan dengan
pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan
untuk melakukan komunikasi berbahasa Inggris dalam konteks bermusik, baik
secara lisan maupun tertulis
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
POKOK
|
7.
Menguraikan terminologi musik dalam
bahasa inggris.
|
7.1 Membaca
terminologi
musik dalam bahasa
Inggris dengan
benar.
7.2 Menjelaskan terminologi
musik dalam bahasa
Inggris dengan
benar.
|
· Penguasaan
terminologi
musik, tanda dinamik dan
tanda artikulasi /
performance direction.
· Aplikasi bahasa
asing
(Inggris, Itali, Latin) dalam
penulisan tempo, tanda
dinamik dan tanda
artikulasi.
|
8. Menggunakan
bahasa
Inggris dalam konteks
musik dengan baik dan benar.
|
8.1
Menerapkan komunikasi
bahasa Inggris didalam
kelompok musik.
8.2 Menerapkan
komunikasi
bahasa Inggris secara
lancar di depan
publik/penonton.
|
· Aplikasi
komunikasi bahasa
Inggris secara
verbal
antar personil di
dalam
suatu ensemble
Contoh: diskusi,
kritik,
Debat.
· Aplikasi bahasa
Inggris di
depan publik/penonton
Contoh: presentasi, konser,
recital, audisi,
kompetisi.
|
Level : I
Jabatan : Pemain Ensemble Pop
1. Kode Unit : MSK.PM01.005.01
2. Standar Kompetensi : Melakukan kerjasama dalam kelompok
musik (teamwork)
dengan baik
3. Waktu : 20 jam @ 45
menit
4. Deskripsi Unit : Unit kompetensi ini berhubungan dengan
pengetahuan,
keterampilan
dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk melakukan
kerjasama dalam
kelompok musik (teamwork) dengan baik
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
POKOK
|
9. Melakukan tata
cara
berkomunikasi dalam
kelompok musik
|
9.1 Penerapan
tata cara
berkomunikasi dengan
baik didalam kelompok
musik
9.2 Penerapan
tata cara
berkomunikasi dengan
penonton dengan baik
bersama dengan
kelompok musik
|
· Aplikasi tata
cara
berkomunikasi di
dalam
kelompok musik
·
Interaksi dengan penonton
|
10. Melakukan
tata cara
berkomunikasi dengan
sesama pemain didalam
kelompok melalui
instrumen pilihan
|
10.1 Melakukan komunikasi
dengan permainan
instrumen pilihan
dengan baik dalam
kelompok musik
10.2 Menerapkan
bahasa
tubuh dalam
berkomunikasi
dengan
sesama anggota
kelompok
|
· Aplikasi bahasa
tubuh yang
mendukung dalam
berkomunikasi (gesture,
mimik, body awareness)
· Aplikasi tata
cara
berkomunikasi
antar
pemain melalui
instrumen
musik
|
Level : I
Jabatan : Pemain Ensemble Pop
1. Kode Unit : MSK.PM02.001.01
2. Standar
Kompetensi : Menerangkan
pengetahuan dasar tentang Musik pop
3. Waktu : 20 jam @ 90
menit
4. Deskripsi Unit : Unit kompetensi ini berhubungan dengan
pengetahuan,
keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk
menerangkan
pengetahuan dasar tentang Musik pop
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
POKOK
|
11.
Menerangkan perbedaan gaya berbagai
jenis musik
|
11.1
Mengidentifikasi
berbagai jenis musik pop
dapat secara jelas
11.2 Menjelaskan
berbagai
perbedaan gaya jenis
Musik pop dapat
|
· Perbedaan gaya /
aliran /
style dan jenis Musik pop
|
12. Menerangkan
perbedaan
gaya berbagai jenis Musik pop
|
12.1
Mengidentifikasi
berbagai jenis Musik pop
dapat secara benar
12.2 Menganalisa
berbagai jenis musik pop dapat
sesuai teori dan
perkembangan
|
· Analisa jenis
karya musik
pop melalui pengaruh
sejarah, teori, perkem –
bangan, acara seni/event/
pertunjukkan/exhibition
|
Level : I
Jabatan : Pemain Ensemble Pop
1. Kode Unit : MSK.PM02.002.01
2. Standar
Kompetensi : Menjelaskan pengetahuan dasar teori musik
pop
3. Waktu : 20 jam @ 45
menit
4. Deskripsi Unit : Unit kompetensi ini berhubungan dengan
pengetahuan,
keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk
menjelaskan
pengetahuan dasar teori musik pop.
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
POKOK
|
13. Menunjukkan
rumus
dasar relasi interval, skala
dan akor dasar diatonik (trinada) dalam konteks musik pop
|
13.1 Menunjukkan
rumus
relasi interval
dalam
tangga nada Mayor
dengan benar
13.2 Menunjukkan
skala dan akor dasa diatonik dengan menggunakan contoh musik pop
|
· Rumus dasar relasi interval,
skala/tangga nada
dan akor
dasar diatonik
·
Aplikasi contoh karya
musik pop dengan
skala
dan akor dasar diatonik
|
14. Menjelaskan penggunaan rumus relasi interval di dalam
skala dan akor dasar diatonik (trinada) dalam konteks musik pop
|
14.1 Menjelaskan
rumus
relasi interval didalam
skala dan akor dasar
diatonik dengan menggunakan contoh
skala dan akor yang pada umumnya digunakan dalam musik pop
14.2 Menerapkan
relasi
interval dengan menggunakan contoh
musik pop
|
·
Rumus dasar relasi interval
didalam suatu
skala dan
akor dasar diatonik
(trinada) yang
umum
diterapkan dalam
musik
pop
·
Aplikasi relasi interval
dalam musik pop
|
Level : I
Jabatan : Pemain Ensemble Pop
1. Kode Unit : MSK.PM02.003.01
2. Standar Kompetensi : Mempelajari pengetahuan dasar
tentang sejarah instrumen
Musik Elektrik dan sejarah Musik
3. Waktu : 20 jam @ 45
menit
4. Deskripsi Unit : Unit kompetensi ini berhubungan dengan
pengetahuan,
keterampilan dan sikap kerja
yang dibutuhkan untuk
mempelajari pengetahuan
sejarah instrumen musik elektrik dan
sejarah musik pop
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
POKOK
|
15. Mengetahui
asal usul dan perkembangan instrumen musik elektrik berdasarkan sejarah Musik
pop
|
15.1 Mempelajari
asal usul
dan perkembangan
musik elektrik
berdasarkan
sejarah
negara asal
instrumen
tersebut
15.2 Mempelajari
perkembangan musik
elektrik di musik pop
berdasarkan sejarah di
dunia
|
·
Analisa latar belakang
sejarah instrumen
musik
elektrik
·
Perkembangan musik elek
trik di musik pop
|
16. Memahami
sejarah musik pop berdasarkan pengeta huan era 40-an awalhingga sekarang
|
16.1 Mempelajari
sejarah
musik pop sesuai
kronologi perkembangan
16.2 Memahami
musik pop
berdasarkan sejarah
umum negara dimana
musik pop
berkembang
|
·
Sejarah kronologis music pop
·
Perkembangan musik pop
era 40-an awal hingga sekarang
|
Level : I
Jabatan : Pemain Ensemble Pop
1. Kode Unit : MSK.PM02.004.01
2. Standar Kompetensi : Mempelajari pengetahuan tentang beberapa
produk alat
Musik Elektronik dan Akustik
3. Waktu : 20 jam @ 45
menit
4. Deskripsi Unit : Unit kompetensi ini berhubungan dengan
pengetahuan,
keterampilan dan sikap kerja
yang dibutuhkan untuk
mempelajari pengetahuan
tentang beberapa produk alat musik
elektronik dan Akustik
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
POKOK
|
17. Mengetahui
berbagai produk alat musik elektronik dan akustik
|
17.1 Mempelajari
kategori
berbagai produk
alat
Musik Elektronik
dengan
cermat
17.2 Mempelajari
kategori
berbagai produk alat
musik akustik dengan
cermat
|
· Kategori produk alat musik
elektronik dan
akustik
|
16. Memahami
sejarah musik pop berdasarkan pengeta huan era 40-an awalhingga sekarang
|
18.1
Mengelompokkan
kategori berbagai
produk alat musik elektronik sesuai jenis, merek dan negara asal
18.2 Mengelompokkan
kategori berbagai produk
alat musik akustik sesuai
jenis, merek dan negara asal
|
·
Pengelompokkan kategori
produk alat musik
elektronik dan akustik
sesuai dengan jenis, merek
dan negara asal
|
Level : I
Jabatan : Pemain Ensemble Pop
1. Kode Unit : MSK.PM02.005.01
2. Standar
Kompetensi : Mempelajari
pengetahuan dasar form lagu sederhana
3. Waktu : 20 jam @ 45
menit
4. Deskripsi Unit : Unit kompetensi ini berhubungan dengan
pengetahuan,
keterampilan dan sikap kerja
yang dibutuhkan untuk
mempelajari
pengetahuan dasar form lagu sederhana
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
POKOK
|
19. Mengetahui
form lagu sederhana sesuai kon - teks musik pop
|
19.1 Mendengarkan
dan
meng -analisa lagu
sederhana untuk
mengidentifikasi form
dalam konteks musik
pop
19.2 Menulis form
lagu
sederhana
berdasarkan
lagu yang dilatih
dalam
konteks musik pop
|
·
Analisa form lagu musik
pop sederhana
·
Penulisan form lagu musik
pop sederhana
|
20. Menerapkan
pengetahuan form lagu pada instrumen musik pilihan (mayor)
|
20.1 Melatih
pengetahuan
form lagu pada
instrumen musik
pilihan utama (mayor) secara individu
20.2 Melatih
pengetahuan
form lagu pada
instrumen musik pilihan utama (mayor) secara kelompok
|
·
Aplikasi analisa form lagu
ke instrumen
musik pilihan
utama (mayor)
baik secara
individu dan
kelompok
|
Level : I
Jabatan : Pemain Ensemble Pop
1. Kode Unit : MSK.PM03.001.01
2. Standar
Kompetensi : Mengoperasikan
komputer
3. Waktu : 20 jam @ 60
menit
4. Deskripsi Unit : Unit kompetensi ini berhubungan dengan pengetahuan,
keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk
mengoperasikan
komputer
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
POKOK
|
21. Menguasai
Pengoperasian komputer secara dasar
|
21.1 Memahami
tujuan
pemakaian
komputer
dengan benar
21.2 Menggunakan
komponen - komponen
komputer secara benar
|
·
Manfaat dan tujuan dari
penggunaan
komputer
·
Pengoperasian komponenkomponen
komputer
|
22. Memahami
penggunaan
perangkat lunak yang digunakan secara umum
|
22.1 Menguasai
perangkat
lunak umum,
seperti:
word processing dan
excel dengan
fasih
22.2 Menggunakan
perangkat
lunak sesuai
kebutuhan dalam konteks Musik pop
|
·
Aplikasi perangkat lunak
umum dalam
konteks
musik pop
|
Level : I
Jabatan : Pemain Ensemble Pop
1. Kode Unit : MSK.PM03.002.01
2. Standar Kompetensi : Memainkan salah satu instrumen
musik lain (minor) tingkat
pemula
3. Waktu : 20 jam @ 30
menit
4. Deskripsi Unit : Unit kompetensi ini berhubungan dengan
pengetahuan,
keterampilan
dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk
memainkan satu instrumen musik lain
(minor) tingkat
pemula
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
POKOK
|
23. Menguasai
instrumenmusik lain (minor) tingkatpemula
|
23.1 Mempelajari
instrumen
musik lain (minor) sesuai tingkat pemula,
disamping instrumen
musik pilihan utama
(mayor)
23.2 Memahami
fungsi dari
Instrumen musik lain
(minor) penggunaannya
disamping instrumen
musik pilihan utama(mayor)
|
·
Fungsi dari instrumen
musik lain
(minor)
|
24. Memahami pentingnya
Penguasaa instrumen lain selain instrumen pilihan dala konteks musik pop
|
24.1 Menerapkan
fungsi dari Instrumen musik lain (minor) dalam pelatihan kelompok musik
24.2 Menggunakan
instrumen musik lain (minor) dalam pelajaran teori musik berdasarkan konteks
musik pop
|
·
Aplikasi instrumen musik
lain (minor)
dalam
pelatihan kelompok musik
·
Aplikasi instrumen musik
lain (minor)
dalam
pelajaran teori
musik
|
Ponorogo, 28 Februari 2017
Ketua
Lembaga Penyelenggara
Puji
Ariyanti, S.Pd.
Komentar
Posting Komentar