PROPOSAL
PERPANJANGAN IZIN OPERASIONAL LEMBAGA PENDIDIKAN DAN KETRAMPILAN SENI MUSIK

DOREMI HOME MUSIC COURSE
Jl. BOUGENVILLE RAYA NO. 27
PERUM PESONA BOUGENVILLE PONOROGO
PONOROGO
2017


Nomor                    :   B. 001/PH/IZIN OPPERASIONAL/DOREMI-HMC/II/2017
Lampiran                :   1 (satu) berkas
Perihal                     :   Permohonan Perpanjangan Ijin Operasional

Kepada
Yth Kepala UPT DINAS PENDIDIKAN Kabupaten Ponorogo
di-   Ponorogo

Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini, kami Ketua dari:
Nama Lembaga                                   : DOREMI HOME MUSIC COURSE
Alamat                                                    : Perum Pesona Bougenville Raya No. 27 Perumahan Pesona Bougenville Ponorogo
Akta Notaris                                         : Setya Budi, SH
 No/ Tanggal / Di                                 : 16/12-5-2016/ Ponorogo
                                                                 
Dengan ini kami mengajukan permohonan ijin operasional Lembaga kami, Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini kami lampirkan :

1.      Surat pengantar dari UPT Kecamatan Ponorogo
2.      Foto Copy akte Notaris Pendirian Lembaga.
3.      Foto Copy KTP dan Ijazah Pimpinan
4.      Daftar pengajar/NST dan ijazah
5.      Surat  keterangan dari kepala desa
6.      Daftar Modul/Kurikulum
7.      Daftar Sarana dan prasarana
8.      Pata Lokasi
9.      Status gedung
10.  Struktrur Organisasi Lembaga
11.  Foto Copy NPWP
12.  Tata tertib
13.  Foto – foto Kegiatan
14.  Gambar situasi dan denah gedung
15.  Daftar peserta didik

Demikian surat permohonan ini kami ajukan dengan harapan untuk dapat dikabulkan, dan untuk itu kami sampaikan terimakasih.
           Ponorogo, 28 Februari 2017
                                                                                                                         Ketua Lembaga Penyelenggara


                                                                                                                                    Puji Ariyanti, S.Pd.  



A.     PENDAHULUAN
Pembangunan nasional dalam bidang pendidikan merupakan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia serta menguasai ilmu pengetahuan tehnologi dan seni. Menurut UUD ’45 Pasal 28c  ; Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapatkan pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya demi kesejahteraan umat manusia.
Berbicara tentang seni maka terlebih dahulu kita bicarakan adalah keindahan. “Sesungguhnya Allah Maha Indah, dan menyukai keindahan. Sedangkan sombong adalah sikap menolak kebenaran dan meremahkan orang lain.” (HR.Muslim). Dalam Islam mengenal seni Kaligrafi yaitu menulis indah huruf yang terdapat dalam AlQur’an. Maka manusia menyukai kesenian sebagai representasi dan fitrahnya mencintai keindahan, dan tidak bisa dipisahkan lagi antara kesenian dan kehidupan manusia. Terutama dalam proses perkembangan anak, seni seringkali di manfaatkan untuk menarik perhatian anak-anak dalam belajar.
Setiap anak mempunyai rasa ingin tahu dan keingintahuan inilah yang menjadi benih dari kreativitas. Berkesenian menawarkan kesempatan yang menarik kepada anak sebagai media untuk menyalurkan rasa ingin tahu itu menjadi kreativitas. Hal ini akan memupuk cara berpikir yang independen yang akan terbawa sampai ke aspek lain di dalam kurikulum pendidikan sang anak dan bisa diaplikasikan ke berbagai subjek yang lain di luar seni. Bukanlah suatu kebetulan bahwa anak yang mempelajari seni musik mencapai nilai rata-rata yang lebih tinggi di semua subjek sekolah dan berkembang secara lebih cepat dibandingkan anak yang tidak mempelajari seni musik. Korelasi antara pelajaran seni musik dengan membaca, mengeja dan kemampuan yang lainnya menggaris bawahi seni musik sebagai faktor penentu kesuksesan pendidikan anak.
Tidak hanya seni musik melulu, segala cabang seni mengajarkan kepada kita sebuah keindahan saling menghargai dan membutuhkan. Kesenian itu timbul karena manusia selalu ingin mencapai keindahan. Karena keindahan selalu mendatangkan kebahagiaan. 
            Berdasar hal tersebut di atas LKP DOREMI HOME MUSIC COURSE memberikan pelayanan pendidikan berbasis ketrampilan Seni Musik, baik menjadi player, teacher, arranger, komposer maupun musicpreaneur.


B.      IDENTITAS LEMBAGA PENDIDIKAN DAN KURSUS
Nama                                      : Doremi Home Music Course
Akte Notaris                           : Setya Budhi. SH, No: 16
Alamat                                     : Jl. Bougenville Raya No. 27 Perum Pesona Bougenville Ponorogo. HP  08125930455
Pimpinan                                 : PUJI ARIYANTI. S.Pd.
No Telepon                             : 08125930455
NPWP Pimpinan                     : 76.481.498.7-647                          
Kab/Kota                                 : Ponorogo
Provinsi                                   : Jawa Timur
E-mail                                      : put3violin@gmail.com
Tahun berdiri                          : 12 Desember 2013
Status tanah dan banguna      : Milik sendiri
NPWP Lembaga                      : 76.494.688.5-647.000
Program khursus                     : Ketrampilan Kesenian Seni Musik
Visi Lembaga                          : Menjadikan lembaga pendidikan musik yang mengutamakan penanaman karakter, sopan santun, nilai-nilai moral dan agama yang dikelola secara profesional dengan disiplin dan kejujuran.
Misi Lembaga                         : Mendidik menjadi Profesional Teacher, Profesional Player, Arranger, Composer dan Music Preneur.
Ponorogo, 28 Februari 2017
                                                                                        Ketua Lembaga Penyelenggara


                                                                                                  Puji Ariyanti, S.Pd.  


C.      DAFTAR TENAGA PENDIDIK DAN KUALIFIKASINYA
DOREMI HOME MUSIC COURSE PONOROGO
Tahun 2016/2017

No
Nama
Tempat dan tanggal lahir
Pendidikan & tahun lulus
Jurusan
Mendidik di lembaga
Instrument
1
Puji Ariyanti, S.Pd
Ponorogo, 04-03-1983
S1
Seni Drama Tari dan Musik
12 Desember 2013
Biola, Piano, Vocal
2
Rusdyanto, D.H
Surabaya 7-04-1981
D3
Desain Grafis
12 Desember 2013
Drum
3
Rocmat Aldy Purnomo, SE, M.Si
Banyumas, 27 Maret 1993
S2
Ekonomi
1 Agustus 2016
Gitar, Bass
4
Adi Rahman Alfiansyah
Sumenep, 17 Mei 1997
SMK
Animasi
1 Oktober 2016
Tenaga administrasi


                                                                                                                   

Ponorogo, 28 Februari 2017
                                                                                        Ketua Lembaga Penyelenggara


                                                                                                  Puji Ariyanti, S.Pd.  


D.     DAFTAR PESERTA DIDIK REGULER
DOREMI HOME MUSIC COURSE PONOROGO
Tahun 2016/2017

No
Nama
Ttl
Nama Orang Tua
Alamat
1
Safira Inquiri P.F.
Ponorogo, 22/12/2008
Septa Krisdianto
Gupolo Ponorogo
2
Al maasah Berliana Rulaa.
Ponorogo, 13/07/ 2008
Agus Basuki Rahmat .S.T.
Jl. Gringsing No .01 Cokromenggalan.
3
Kirana Almira Sahiro
Ponorogo,04/01/2009
Mukhlis Widanarko
Jl. Kyai Mojo 38. Ponorogo
4
Naura Mutiara Az-zahra
Ponorogo , 30/ 11/ 2006
Muklis Widanarko
Jl.Kyai Mojo 38 Ponorogo.
5
Regina  Zayida Zahra
Ponorogo, 06/12/2004
Makrus Zubaidi
Jl. Tunggal Asri.
6
Shofia Bilqis Azalfa
Ponorogo ,03/ 03/2009
Ilhammid Hartono
Jl. Karang Sari, Golan , Sukorejo , Ponorogo.
7
Zahir Yan Bimasakti
Ponorogo,15/12/2015
Moh. Fahrudin
Jl. Urip Sumoharjo 83 Ponorogo.
8
Nadya Fanya Razani
Ponorogo, 27/08/2006
Irvan Budianto
JL.Gringsing no. 09
9
Moh. Rizky YusiAlfaro
Ponorogo, 20 /09/2005
Wahyu Legowo
Jl.Singajaya no. 100 Singosaren.
10
Nadin Cintania Mayrah
Ponorogo,11/06/2007
Melda Mahzi
Jl. Pr. Cipto Mangun Kusumo.
11
Angelique Joy V. santoso
Ponorogo,19/10/2004
Crstian Santoso Widjojo
Jl. Sekar Taman53 Tonatan Ponorogo
12
Syahida Nawal Hana
Pacitan, 29/9/2008
M. Syuhada Syubir
Jl Merapi No. 8 c Ponorogo
13
Khasan Nadhila Andra.
Ponorogo ,24/08/2006
Sri Angara Bhudi Santosa
Jl. Sentot Prawirodirjo No 12 Ponorogo
14
Syafira amira Ratnamaya
Ponorogo ,17/11/2008
Anggara
-
15
Riyanda Winna safitri
Samarinda, 30 /11/2006
Hari Basuri
Jl. Khahmad Dahlan No 412
16
Celesta Weka Naza F .
Ponorogo,22/04/2006
Zaenal Fachori
Jl. Raden Patah Kadipaten.
17
M. Iqbal Saddad
Ponorogo,14/10/2005
Amin mubarok
Perum Griya Harmoni c. 10 Jl. Tribusono Cokromenggalan
18
Ahmad Rifqi Wicaksono
Ponorogo,28/01/2010
Amin Mubarok
Perum Griya Harmoni c. 10. Jl. Tribusuno Cokromenggalan
19
 Azalea Bilqis
Jkt. 23 /11/2008
 Nur El Fathi
Jl. Jenar 23 Purbosuman
20
Alisha Sofia
Jkt.02/10/2004
Nur El  Fathi
Jl. Jenar 23  Purbosuman
21
Sabrina  Asha Aulia Rahma
Ponorogo,24/12/2006
Annisa Kusumsa
Jl. Singajaya no. 31A Singosaren Ponorogo
22
Rahmadila Zalfa Arvlin
Ponorogo ,01/06/2006
Suryadi

23
Aulia Savira Firdaus
Ponorogo,21/03/2004
Hadi Suprapto
JL.Wonopringgo no.10 Kec. Babatan . Ponorogo
24
Azzahra Raisya Oktavia
Ponorogo ,17/10/2009
Hadi Suprapto
JL. Wonopringgo
25
Naira Dahayu Gaoqi
Ponorogo, 14/6/2008
Iwan Nurcahyo
Perum Bukit Asri 3/25-27 Ronowijayan Ponorogo.
26
Widyana Putri Arum Kasturi
Madiun 27/04/2008
Puguh Widoyoko
Jl Raya Ponorogo-Madiun No. 9 Ponorogo
27
Banyubiru Arya Sabrang
Ponorogo, 4/01/2006
Kosiyar
Jl. Kyai Sholikin No.21 Paju Ponorogo
28
Bisma Mangkuluhur P.M
Ponorogo, 20/03/2007
Toni Kristiawan
Carat Kauman Ponorogo
29
Nazma Shafiya Nariswari
Ponorogo, 2/01/2009
Ahmad Syamsul Bahri
JL. Keramat No. 3 Ngunut Ponorogo
30
Aira Khadeeja
Ponorogo, 30/04/2007
Sigid Argo W.
Jl. Siberut Ponorogo
31
Davina Aulia Ramadhani A.
Ponorogo, 10/06/2007
Juli Pratikno
Jl. Ki ageng Selo no. 49 Ponorogo
32
Raea Agel Navalen
Madiun, 09/09/2006
Sony syaifullah
Ds. Sukosari Babadan Ponorogo
33
Monica Ardila C. P
Ponorogo, 10/06/2006
Ardia Yusuf Irawan
Jl Raya Solo Plosojenar Sumoroto Ponorogo
34
Andini Rafa Kamila
Ponorogo, 22.08/2006
Andik Nuryanto
Mlilir, Dlopo Madiun
35
Marwa El Afia
Ponorogo, 17/03/2010
Nur Anas
Jl. Sukowati Gg. 3 Keniten Ponorogo
36
Putri Alyaa Afifah
Ponorogo, 31/12/2004
Mahrosin
Jl.Sidorejo 97 Babadan Ponorogo
37
Aisyah Hasna Habibah
Batam, 18/02/2007
Nunung Sulistiantoko
Jl. Zaenal Arifin Kauman Ponorogo
38
Syakayla Adzkiya El Queena Harfianto
Tuban,19/10/2010
Hariyanto
Afrilia Eka P.
Jl.Singajaya Singosaren jenangan ponorogo
39
Aisyah Hasna H.
Batam,18/02/2007
Nunung  S.
Rustiani
Jl.Zaenal Arifin 47 Kauman
Ponorogo
40
Putri Alya Hafifah
Ponorogo,31/12/2004
Mahrosin
Efa Hudayanti
Jl.Sidorejo 97 Babadan ponorogo
41
Marwa El Afia
Ponorogo,17/03/2010
Nur Anas
Shofa Saida H.
Jl.S.Sukowati Gng.111 keninten Ponorogo
42
Wahyu Rizal K.S
Ponorogo,04/10/2003
Kamro
Tien Badrijah P.
Jl.Kyai mojo No.79 Ponorogo
43
Adini Rafa Kamila
Ponorogo,22/08/2006
Andik Naryanto
Hanik Masa’adah
Jl.Mlilir,Delopo Madiun
44
Raea Agel Nevalen
Madiun 09/09/2006
Sony Syaifulloh
Dian Sulistyowati
Jl.Sukosari Babadan
45
Davina Aulia R.A
Ponorogo,10/06/2007
Juli Pratikno
Anjar Astuti
Jl.Ki Ageng Selo no.49
46
Aira Khadeeja
Ponorogo,30/04/2007
SigiD Argo W.
Emma
Jl.Siberot
47
Nazma Shafiya N.
Ponorogo,02/02/2009
Ahmad Samsyul B
Murti Sumeni
Jl.Keramat 3 Ngunut
48
Naira Dahayu Gaoqi
Ponorogo,14/06/2008
Iwan Nurcahyo
Ratih Hermawanti
Jl.Perum Bukit Asri blok 3 Ronowijayan Ponorogo
49
Bhisma M.P.M
Ponorogo,20/03/2007
Toni Karisiawan
Leila Maurita .I
JL.Ds.Carat kec.Kauman Ponorogo
50
Widyana Putri Arum K.
Madiun,27/03/2008
Puguh Widyoko
Pipit Agustina
Jl.Raya Ponorogo-Madiun no.9
51
Celesta Weka N.F
Ponorogo,22/04/2006
Zaenal Fachori
Ernaning Fitayani
Jl.Raden Patah Kadipaten

52
Safiya Amirathamaya
Ponorogo,17/09/2008
Anggara
Aning
Jl.Sentot Prawiroderjo
53
Nisrina Nasyawa F.
Madiun,07/05/2008
Makrus Fahridi
Rekayasari S.
Jl.Pramuka no.114 Ronowijayan
54
Afrian Ahmad Z.
Ponorogo,11/04/2005
Sukirno
Sri Lestari
Jl.Singo Lemboro
55
Alfareza Indra P.
Ponorogo,21/01/2005
Indra
Tiana
Jl.Ngebel Ponorogo
56
Rani Nurhayati
Ponorogo,11/01/2004
Edi Wiyono
Rista W.
Jl.Jalen Balong Ponorogo
57
Jellyn Calista
Ponorogo,15/05/2006
Miswanto
Yayuk
Jl.Ds Baosan Loor Rt.2 RW.2
58
Masya Nayla S.N.Q
Madiun,13/05/2008
Muad
Puji

59
Filzah Irmadiani N.
Ponorogo,30/12/2006
Cidion
Jl.Bangka
60
Safira Yustiti I.
Ponorogo,31/07/2008
Andri Wahyu P
Rika Dewi A.
JL.Natuna no.1 Mangkujayan
61
Javier Jatra Sastra S.
Ponorogo,21/04/2006
Janji Kusmono
Citra Dwi Susanti
Jl.Bangka no.16 F
62
Teta Daffa
Ponorogo,11/01/2006
Teguh S
Puji Lestari
Jl.Ds.slahung Ponorogo

Ponorogo, 28 Februari 2017
                                                                                        Ketua Lembaga Penyelenggara


                                                                                                  Puji Ariyanti, S.Pd.  





E.      KONDISI DAN SARANA PENDIDIKAN
DOREMI HOME MUSIC COURSE PONOROGO
2016/2017
No
Jenis Barang
Jumlah Berdasar Status
Jumlah dalam Kondisi
Milik sendiri
Pinjam
Sewa
Baik
Rusak
1.
Kursi belajar
8
-
-
v
-
2.
Meja kantor
2
-
-
v
-
3.
Meja kursi tamu
2
-
-
v
-
4.
Almari
1
-
-
v
-
5.
Rak buku
1
-
-
v
-
6.
Biola
4
-
-
v
-
7.
Piano
2
-
-
-
v
8.
Drum
1
-
-
v
-
9.
Gitar accoustik
2
-
-
v
-
10.
Gitar listrik
1
-
-
v
-
11.
Bass
1
-
-
v
-
12.
Mixer
1
-
-
v
-
13.
Sound system
2
-
-
v
-
14.
Microphone
1
-
-
-
v
15.
Stand book
2
-
-
-
v
16.
Stand mic
1
-
-
v
-
17.
Labtob
1
-
-
V
-
18.
Printer
1
-
-
V
-

Ponorogo, 28 Februari 2017
                                                                                        Ketua Lembaga Penyelenggara


                                                                                                  Puji Ariyanti, S.Pd.  


F.       TATA TERTIB SISWA
1.      Waktu kursus adalah setiap minggu sebulan 4 kali
2.      Bila dalam sebulan ada 5 (lima) minggu yang bukan hari libur,maka mingg ke lima tersebut libur.
3.      Pada hari Libur Nasional, seluruh kegiatan juga libur dan diganti diminggu ke 5 (les musik tetap 4 kali).
4.      Jika murid berhalangan hadir , 1 hari sebelumnya murid wajib memberitahukan.
5.      Jika murid berhalangan hadir tanpa pemberitahuan, maka guru tidak berkewajiban mengganti.,
6.      Semua aktivitas guru harus lewat administrasi, perijinan pergantian jadwal, program dan aktivitas lainnya apabila melanggar akan mendapatkan teguran 1-3 atau dianggap guru mengundurkan diri.
7.      Guru wajib datang 5 menit sebelumnya apabila melanggar guru mendapatkan teguran 1-3 atau dianggap mengundurkan diri.
8.      Jika murid ijin cuti, akan dikenakan uang charge 15 % dari uang kursus (cuti maksimal 3 bulan).
9.      Guru wajib mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Doremi Home Music Chourse serta program yang sedang berjalan. Jika tidak ikut akan mendapatkan teguran1-3 atau dianggap mengundurkan diri.
10.  Pembayaran uang kursus paling lambat tanggal 15 tiap bulannya.
11.  Pada waktu mengajar guru dilarang membawa teman/pacar serta membawa makanan selain itu juga dilarang mainan gadget ( kecuali diperlukan untuk media pembelajaran ) .
12.  Orang tua murid dilarang masuk dikelas kecuali untuk anak dibawah 5 tahun.
13.  Seiring dengan perkembangan sekolah musik. Kemungkinan akan ada tata tertib baru yang perlu ditambahkan kepada murid/wali secara tertulis.
Demikian peraturan dan tata tertib ini dibuat untuk kebaikan dan kepentingan bersama serta untuk memperlancar proses belajar mengajar. Terima Kasih.

Ponorogo, 28 Februari 2017
                                                                                        Ketua Lembaga Penyelenggara


                                                                                                  Puji Ariyanti, S.Pd.  


G.     PETA LOKASI
DOREMI HOME MUSIC COURSE PONOROGO
Ponorogo, 28 Februari 2017
                                                                                        Ketua Lembaga Penyelenggara


                                                                                                  Puji Ariyanti, S.Pd.  
                      
H.     FOTO KEGIATAN


Ponorogo, 28 Februari 2017
                                                                                        Ketua Lembaga Penyelenggara


                                                                                                  Puji Ariyanti, S.Pd.  



FOTO PEMBELAJARAN

I.        KURIKULUM

Level I: Pemain Ensemble Pop
1. Kompetensi Umum                              
No
Kode Unit
Standar Kompetensi
Waktu
(menit)
1.
MSK.PM01.002.01
Membaca not balok dengan lancar
45
2.
MSK.PM01.003.01
Memainkan satu instrumen pilihan utama (mayor)
dengan terampil dalam konteks musik pop
45
3.
MSK.PM01.004.01
Melakukan komunikasi bahasa Inggris dalam konteks
bermusik, baik secara lisan maupun tertulis terutama
penguasaan terminologi musik
90
4.
MSK.PM01.005.01
Melakukan kerjasama dalam kelompok musik
(teamwork) dengan baik
90

2. Kompetensi Inti
No
Kode Unit
Standar Kompetensi
Waktu
(menit)
1.
MSK.PM02.001.01
Menerangkan pengetahuan dasar tentang musik pop
45
2.
MSK.PM02.002.01
Mempelajari pengetahuan dasar teori musik pop
45
3.
MSK.PM02.003.01
Mempelajari pengetahuan dasar tentang sejarah
instrumen musik elektrik dan sejarah musik pop
45
4.
MSK.PM02.004.01
Mempelajari pengetahuan tentang beberapa
produk alat musik elektronik dan akustik
45
5.
MSK.PM02.005.01
Mempelajari pengetahuan dasar form lagu
sederhana
45
3. Kompetensi Khusus

No
Kode Unit
Standar Kompetensi
Waktu
(menit)
1.
MSK.PM03.001.01
Mengoperasikan komputer
60
2.
MSK.PM03.002.01
Memainkan satu instrumen musik lain (minor)
tingkat pemula
30

Ponorogo, 28 Februari 2017
                                                                                        Ketua Lembaga Penyelenggara


                                                                                                  Puji Ariyanti, S.Pd.  



KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Level                                        : I
Jabatan                                    : Pemain Ensemble Pop
1. Kode Unit                            : MSK.PM01.002.01
2. Standar Kompetensi            : Membaca not balok dengan lancar
3. Waktu                                  : 20 jam @ 45 menit
4. Deskripsi Unit                      : Unit kompetensi ini berhubungan dengan pengetahuan,
keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk     membaca not balok.

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
1. Mengenal urutan nadanada
dengan baik dan
benar
1.1 Mengidentifikasi urutan
       nada dengan baik dan
       benar dalam satu oktaf
1.2 Mempraktekkan urutan
       nada-nada dengan baik
       dan benar
·     Susunan/urutan nada di dalam satu oktaf
·     Sistem 11 garis (11-Line
    System: treble clef, bass clef
    dan middle c)
2. Menguasai cara
membaca not balok
2.1 Membaca not balok
       dengan lancar dalam
       range 3 oktaf
2.2 Membaca tanda artikulasi
 dengan lancar (contoh:
staccato, legato)
2.3 Membaca tanda dinamika
 dengan lancar (contoh:
 piano, forte, cresc.)
2.4 Membaca tanda tempo
 dengan lancar (contoh:
 allegro, moderato)
 2.5 Membaca tanda birama
 (time signature) dengan
 lancar
2.6 Membaca ritmik dasar
      sederhana dengan tepat
2.7 Membaca not balok
 dalam kunci yang
 berbeda dengan lancar,
 terutama untuk kunci G
 (treble clef) dan kunci F
 (bass clef)
2.8 Membaca tangga nada /
       key signature dengan
 akurat (contoh: key
 signature dengan 1# = G
 Mayor)
2.9 Membaca akor, baik
 trinada (triads) maupun
 7th-chords (akor yang
 terdiri dari empat nada)
·      Jenis-jenis tangga nada/key
      signature (mayor dan minor
      – circle of fifth)
·      Penulisan not balok dalam
range 3 oktaf pada kunci G
(treble clef) dan kunci F (bass
clef)
·      Simbol artikulasi dan figure
      ritmik sederhana (♩♪♬)
·      Klasifikasi tanda birama (time
signature) sederhana
regular time signature:
simple time (2/4, 3/4, 4/4)
·      Terminologi dan istilah musik
     dalam  bahasa asing (Inggris,
     Itali, Latin)
·      Klasifikasi interval dasar
Klasifikasi akor dan penulisan
simbol akor
trinada (triads): mayor,
minor,augmented,diminished
dan 7th-chords: major 7th,
minor 7th, half diminished,
diminished 7th dan dominant
      7th



3.  Memainkan instrumen
      musik sambil membaca
      not balok dalam bermain
      ensemble Pop dasar
3.1 Menganalisa not balok,
 tanda artikulasi, tempo,
 ritmik, dinamika, tangga
 nada/key signature,
 tanda birama/time
 signature dan kunci
3.2 Mengkombinasikan  permainan
      alat musik dan
      membaca notasi balok
      dalam waktu yang
      bersamaan
3.3 Memainkan instrumen
 musik dengan not balok,
 tanda artikulasi, tempo,
 ritmik, dinamika, tangga
 nada/key signature, tanda
 birama/time signature
 dan kunci yang benar
3.4 Memainkan instrumen
 musik sesuai dengan
 interpretasi Musik pop
 dalam permainan  ensemble
Pop
Analisa elemen - elemen
musik pada notasi balok
Contoh: not balok, tanda
artikulasi, tempo, ritmik,
dinamika, tangga nada/key
signature dan kunci.
·      Demonstrasi analisa notasi
balok lewat permainan
instrumen musik (sight
reading)
·      Orientasi tubuh dan otot
      motorik halus ke instrumen
      musik
·      Koordinasi antara kemampuan
visual, ear training
dengan tangan kanan dan
tangan kiri
·      Interpretasi Musik pop dalam
permainan ensemble Pop
·      Interpretasi Musik pop dalam
permainan ensemble Pop




Level : I
Jabatan                                    : Pemain Ensemble Pop
1. Kode Unit                            : MSK.PM01.003.01
2. Standar Kompetensi            : Memainkan satu instrument pilihan utama (mayor) dengan
    tingkat terampil dalam konteks musik pop
3. Waktu                                  : 40 jam @ 45 menit
4. Deskripsi Unit                      : Unit kompetensi ini berhubungan dengan pengetahuan,
keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk  memainkan satu instrumen pilihan utama (mayor) dengan tingkat terampil dalam konteks Musik pop.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
 4. Menjelaskan teori dasar musik untuk memainkan instrumen musik pilihan utama (mayor)
4.1 Menerapkan teori dasar
musik secara benar
didalam memainkan satu
instrumen musik pilihan
4.2 Menerapkan relasi antara
tangga nada dan akor
diatonik dengan benar
sesuai gaya musik pop
·     Staff/Stave system
·      Tata letak dan penulisan
not balok, kunci, tangga
nada (key signature), tanda
birama (time signature)
·      Definisi, jenis dan sistem
penyusunan interval
·      Definisi, jenis dan sistem
penyusunan akor trinada
(triads) dan 7th-chords
·      Sistem penyusunan tangga
nada/key signature (mayor
dan minor – circle of fifth)
·      Fungsi harmoni dasar,
seperti: Tonika, Sub
Dominant dan Dominant
·      Progresi akor diatonik
sederhana dalam musik
pop
5. memainkan   instrumen pilihan utama (Mayor) dengan benar

·       Posisi tubuh, tangan dan
jari yang ideal dalam
bermain musikPenulisan not balok dalam bermain musik
·      Studi gerakan dasar
(elementary movements) sebagai syarat dalam menghasilkan bunyi dan nada
·      Kualitas nada (tone) yang tinggi
6.  Memainkan satu instrumen  musik pilihan utama (mayor) dengan tingkat terampil

6.1 Memainkan instrumen
musik pilihan dengan cara
yang benar
6.2 Memainkan instrumen
       musik pilihan sesuai gaya
 Musik pop
·      Koordinasi antara tangan
kanan, tangan kiri dan kaki,
terutama untuk gerakan
yang independen/berlawanan
·      Pengekspresian dinamik
dasar/elementar (phrasing,
motif,artikulasi dan
karakter nada yang sesuai
dengan musik pop)
·      Teknik permainan tangga
nada di semua kunci, baik
mayor maupun minor dan
baik dengan satu tangan
maupun dua tangan
·      Teknik double grip untuk
interval, akor, arpeggio
(broken chord) dan kadens
·      Teknik permainan “melody
and/with accompaniment”
·      Tempo yang stabil
·      Ritmik tepat


Level : I
Jabatan                                      : Pemain Ensemble Pop
1. Kode Unit                              : MSK.PM01.004.01
2. Standar Kompetensi             : Melakukan komunikasi bahasa Inggris dalam konteks        bermusik, baik secara lisan maupun tertulis terutama     penguasaan terminologi musik
3. Waktu                                  : 20 jam @ 90 menit
4. Deskripsi Unit                      : Unit kompetensi ini berhubungan dengan dengan
pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan
untuk melakukan komunikasi berbahasa Inggris dalam konteks bermusik, baik secara lisan maupun tertulis
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
7. Menguraikan   terminologi musik dalam bahasa inggris.

7.1 Membaca terminologi
musik dalam bahasa
Inggris dengan benar.
7.2 Menjelaskan   terminologi
musik dalam bahasa
Inggris dengan benar.
·       Penguasaan terminologi
musik, tanda dinamik dan
tanda artikulasi /
performance direction.
·      Aplikasi bahasa asing
(Inggris, Itali, Latin) dalam
penulisan tempo, tanda
dinamik dan tanda
artikulasi.
8. Menggunakan bahasa
Inggris dalam konteks
musik dengan baik dan benar.
8.1 Menerapkan  komunikasi
bahasa Inggris didalam
kelompok musik.
8.2 Menerapkan komunikasi
bahasa Inggris secara
lancar di depan
publik/penonton.
·      Aplikasi komunikasi bahasa
Inggris secara verbal
antar personil di dalam
suatu ensemble
Contoh: diskusi, kritik,
Debat.
·      Aplikasi bahasa Inggris di
depan publik/penonton
Contoh: presentasi, konser,
recital, audisi, kompetisi.

Level : I
Jabatan                                      : Pemain Ensemble Pop
1. Kode Unit                              : MSK.PM01.005.01
2. Standar Kompetensi            : Melakukan kerjasama dalam kelompok musik (teamwork)
  dengan baik
3. Waktu                                  : 20 jam @ 45 menit
4. Deskripsi Unit                      : Unit kompetensi ini berhubungan dengan pengetahuan,
keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk melakukan
kerjasama dalam kelompok musik (teamwork) dengan baik
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
9. Melakukan tata cara
  berkomunikasi dalam
  kelompok musik
9.1 Penerapan tata cara
berkomunikasi dengan
baik didalam kelompok
musik
9.2 Penerapan tata cara
berkomunikasi dengan
penonton dengan baik
bersama dengan
kelompok musik
·      Aplikasi tata cara
berkomunikasi di dalam
kelompok musik
·      Interaksi dengan penonton
10. Melakukan tata cara
berkomunikasi dengan
sesama pemain didalam
kelompok melalui
instrumen pilihan
10.1 Melakukan komunikasi
dengan permainan
instrumen pilihan
dengan baik dalam
kelompok musik
10.2 Menerapkan bahasa
tubuh dalam
berkomunikasi dengan
sesama anggota
kelompok
·      Aplikasi bahasa tubuh yang
mendukung dalam
berkomunikasi (gesture,
mimik, body awareness)
·      Aplikasi tata cara
berkomunikasi antar
pemain melalui instrumen
musik



Level : I
Jabatan                                      : Pemain Ensemble Pop
1. Kode Unit                              : MSK.PM02.001.01
2. Standar Kompetensi             : Menerangkan pengetahuan dasar tentang Musik pop
3. Waktu                                  : 20 jam @ 90 menit
4. Deskripsi Unit                      : Unit kompetensi ini berhubungan dengan pengetahuan,
keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk
menerangkan pengetahuan dasar tentang Musik pop
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
11. Menerangkan     perbedaan gaya berbagai jenis musik
11.1 Mengidentifikasi
berbagai jenis musik pop
dapat secara jelas
11.2 Menjelaskan berbagai
perbedaan gaya jenis
Musik pop dapat
·      Perbedaan gaya / aliran /
    style dan jenis Musik pop
12. Menerangkan perbedaan
gaya berbagai jenis Musik pop
12.1 Mengidentifikasi
berbagai jenis Musik pop
dapat secara benar
12.2 Menganalisa berbagai jenis musik pop dapat
sesuai teori dan
perkembangan
·      Analisa jenis karya musik
pop melalui pengaruh
sejarah, teori, perkem –
bangan, acara seni/event/
pertunjukkan/exhibition



Level : I
Jabatan                                      : Pemain Ensemble Pop
1. Kode Unit                              : MSK.PM02.002.01
2. Standar Kompetensi              : Menjelaskan pengetahuan dasar teori musik pop
3. Waktu                                  : 20 jam @ 45 menit
4. Deskripsi Unit                      : Unit kompetensi ini berhubungan dengan pengetahuan,
keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk
menjelaskan pengetahuan dasar teori musik pop.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
13. Menunjukkan rumus
dasar relasi interval,   skala dan akor dasar  diatonik (trinada)  dalam konteks musik  pop
13.1 Menunjukkan rumus
relasi interval dalam
tangga nada Mayor
dengan benar
13.2 Menunjukkan skala dan akor dasa diatonik dengan menggunakan contoh musik pop
·       Rumus dasar relasi interval,
skala/tangga nada dan akor
dasar diatonik
·        Aplikasi contoh karya
musik pop dengan skala
 dan akor dasar diatonik
14. Menjelaskan  penggunaan rumus relasi interval di dalam skala dan akor dasar diatonik (trinada) dalam konteks musik pop
14.1 Menjelaskan rumus
relasi interval didalam
skala dan akor dasar
diatonik dengan menggunakan contoh
skala dan akor yang pada umumnya digunakan dalam musik pop
14.2 Menerapkan relasi
interval dengan menggunakan contoh
musik pop
·           Rumus dasar relasi interval
didalam suatu skala dan
akor dasar diatonik
(trinada) yang umum
diterapkan dalam musik
pop
·            Aplikasi relasi interval
dalam musik pop

Level : I
Jabatan                                      : Pemain Ensemble Pop
1. Kode Unit                              : MSK.PM02.003.01
2. Standar Kompetensi            : Mempelajari pengetahuan dasar tentang sejarah instrumen
   Musik Elektrik dan sejarah Musik
3. Waktu                                  : 20 jam @ 45 menit
4. Deskripsi Unit                      : Unit kompetensi ini berhubungan dengan pengetahuan,
  keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk
  mempelajari pengetahuan sejarah instrumen musik elektrik                                      dan sejarah musik pop

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
15. Mengetahui asal usul dan perkembangan instrumen musik elektrik berdasarkan sejarah Musik pop
15.1 Mempelajari asal usul
dan perkembangan
musik elektrik
berdasarkan sejarah
negara asal instrumen
tersebut
15.2 Mempelajari
perkembangan musik
elektrik di musik pop
berdasarkan sejarah di
dunia
·            Analisa latar belakang
sejarah instrumen musik
elektrik
·           Perkembangan musik elek
trik di musik pop
16. Memahami sejarah musik pop berdasarkan pengeta huan era 40-an awalhingga sekarang
16.1 Mempelajari sejarah
musik pop sesuai
kronologi perkembangan
16.2 Memahami musik pop
berdasarkan sejarah
umum negara dimana
musik pop berkembang
·           Sejarah kronologis music pop
·          Perkembangan musik pop
era 40-an awal hingga sekarang


Level : I
Jabatan                                      : Pemain Ensemble Pop
1. Kode Unit                              : MSK.PM02.004.01
2. Standar Kompetensi               : Mempelajari pengetahuan tentang beberapa produk alat   
                                                      Musik Elektronik dan Akustik
3. Waktu                                  : 20 jam @ 45 menit
4. Deskripsi Unit                      : Unit kompetensi ini berhubungan dengan pengetahuan,
  keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk
  mempelajari pengetahuan tentang beberapa produk alat  musik elektronik dan Akustik

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
17. Mengetahui berbagai produk alat musik elektronik dan akustik
17.1 Mempelajari kategori
berbagai produk alat
Musik Elektronik dengan
cermat
17.2 Mempelajari kategori
berbagai produk alat
musik akustik dengan
cermat
·        Kategori produk alat musik
elektronik dan akustik
16. Memahami sejarah musik pop berdasarkan pengeta huan era 40-an awalhingga sekarang
18.1 Mengelompokkan
kategori berbagai produk alat musik elektronik sesuai jenis, merek dan negara asal
18.2 Mengelompokkan
kategori berbagai produk
alat musik akustik sesuai
jenis, merek dan negara asal
·         Pengelompokkan kategori
produk alat musik
elektronik dan akustik
sesuai dengan jenis, merek
dan negara asal

Level : I
Jabatan                                      : Pemain Ensemble Pop
1. Kode Unit                              : MSK.PM02.005.01
2. Standar Kompetensi             : Mempelajari pengetahuan dasar form lagu sederhana
3. Waktu                                  : 20 jam @ 45 menit
4. Deskripsi Unit                      : Unit kompetensi ini berhubungan dengan pengetahuan,
  keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk
mempelajari pengetahuan dasar form lagu sederhana
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
19. Mengetahui form lagu sederhana sesuai kon - teks musik pop
19.1 Mendengarkan dan
meng -analisa lagu
sederhana untuk
mengidentifikasi form
dalam konteks musik
pop
19.2 Menulis form lagu
sederhana berdasarkan
lagu yang dilatih dalam
konteks musik pop
·          Analisa form lagu musik
pop sederhana
·          Penulisan form lagu musik
pop sederhana
20. Menerapkan
pengetahuan form lagu pada instrumen musik pilihan (mayor)
20.1 Melatih pengetahuan
form lagu pada
instrumen musik pilihan utama (mayor) secara individu
20.2 Melatih pengetahuan
form lagu pada
instrumen musik pilihan utama (mayor) secara kelompok
·           Aplikasi analisa form lagu
ke instrumen musik pilihan
utama (mayor) baik secara
individu dan kelompok



Level : I
Jabatan                                      : Pemain Ensemble Pop
1. Kode Unit                              : MSK.PM03.001.01
2. Standar Kompetensi             : Mengoperasikan komputer
3. Waktu                                  : 20 jam @ 60 menit
4. Deskripsi Unit                      : Unit kompetensi ini berhubungan dengan pengetahuan,
keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk
mengoperasikan komputer
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
21. Menguasai Pengoperasian komputer secara dasar
21.1 Memahami tujuan
pemakaian komputer
dengan benar
21.2 Menggunakan
komponen - komponen
komputer secara benar
·           Manfaat dan tujuan dari
penggunaan komputer
·             Pengoperasian komponenkomponen
komputer
22. Memahami penggunaan
perangkat lunak yang digunakan secara umum
22.1 Menguasai perangkat
lunak umum, seperti:
word processing dan
excel dengan fasih
22.2 Menggunakan perangkat
lunak sesuai kebutuhan dalam konteks Musik pop
·             Aplikasi perangkat lunak
umum dalam konteks
musik pop



Level : I
Jabatan                                      : Pemain Ensemble Pop
1. Kode Unit                              : MSK.PM03.002.01
2. Standar Kompetensi            : Memainkan salah satu instrumen musik lain (minor) tingkat
   pemula
3. Waktu                                  : 20 jam @ 30 menit
4. Deskripsi Unit                      : Unit kompetensi ini berhubungan dengan pengetahuan,
keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk  memainkan satu instrumen musik lain
(minor) tingkat pemula
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
23. Menguasai instrumenmusik lain (minor) tingkatpemula
23.1 Mempelajari instrumen
musik lain (minor) sesuai tingkat pemula,
disamping instrumen
musik pilihan utama
(mayor)
23.2 Memahami fungsi dari
Instrumen musik lain
(minor) penggunaannya
disamping instrumen
musik pilihan utama(mayor)
·              Fungsi dari instrumen
musik lain (minor)
24. Memahami pentingnya Penguasaa instrumen lain selain instrumen pilihan dala konteks musik pop
24.1 Menerapkan fungsi dari Instrumen musik lain (minor) dalam pelatihan kelompok musik
24.2 Menggunakan instrumen musik lain (minor) dalam pelajaran teori musik berdasarkan konteks musik pop
·            Aplikasi instrumen musik
lain (minor) dalam
pelatihan kelompok musik
·            Aplikasi instrumen musik
lain (minor) dalam
pelajaran teori musik

Ponorogo, 28 Februari 2017
                                                                                        Ketua Lembaga Penyelenggara


                                                                                                  Puji Ariyanti, S.Pd.  


Komentar

Postingan populer dari blog ini